Proses Pembuatan Tembaga


Tembaga diperoleh dari bijih tembaga yang disebut Chalcopirit. Besi yang ada larut dalam terak dan tembaga yang tersisa / matte dituangkan kedalam konverter. Udara dihembuskan kedalamnya selama 4 atau 5 jam, kotoran teroksidasi, dan besi membentuk terak yang dibuang pada waktu tertentu. Bila udara dihentikan, oksida kupro bereaksi dengan sulfida kupro maka akan membentuk Tembaga blister dan Dioksida belerang.Tembaga blister ini dilebur dan dicor menjadi slab, kemudian diolah secara elektrolitik menjadi tembaga murni.

Bagan proses pembuatan tembaga

(sumber, Teknologi mekanik jilid I, B.H. Amstead)

About Mechanical Blog

Blog ini merupakan media pembelajaran secara online, boleh didownload oleh semua kalangan. Nama saya Yefri Chan sedikit riwayat pendidikan tamatan SMP 3 (Gunung) Padang Panjang 1993, SMA PLUS INS Kayutanam tahun 1996 melanjutkan studi di Jurusan Teknik Mesin (konversi Energi Surya) Universitas Andalas (2001) dan Megister Teknik Mesin (Rekayasa Manufaktur) Universitas Pancasila (2008) kegiatan sehari-hari sebagai Ketua Jurusan Teknik Mesin dan Dosen tetap Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Darma Persada, mengajar mata kuliah Elemen Mesin, Getaran Mekanik, Menggambar Teknik , Mekanika Teknik, Menggambar Mesin & CAD dan Animasi 3D, Juga Membuat Mesin Pengering untuk hasil Pertanian dan Laut, Bagi yang ingin mengirim tulisan atau tertarik dengan isi blog ini bisa email ke: mechanical_blog@yahoo.com atau yefrichan2000@yahoo.com . Semoga blog ini bermanfaat bagi semua…(Salam Solidarity Forever)

Posted on 12 Februari 2011, in Bahan Kuliah, Proses Manufaktur, Teknologi and tagged , , , . Bookmark the permalink. 12 Komentar.

  1. selamat siang.. alat atau mesin apa saja untuk memproses Biji Tembaga menjadi Tembaga Murni??

  2. dmn biji tembaga bisa saya dapat

  3. Simple amat ya. masak gitu aja Indonesia ngga bisa. Harus orang amerika yang nambang.

  4. Bambang Artesis

    Tak ada penjelasan yg rinci tntang Copper Extraction ini. Tidak semudah artikel di atas. Untk bhan Ore saja jenisnya ada ratusan yg tntunya perlakuannya berbeda (sulfides, carbonates, oxydes). Belum proses Grinding, Roasting, Smelting dan Electrodeposition dan Furnace. Jd artikel2 yg tdak lengkap ini tdaklah memberikan pendidikan dan pembelajaran yg tuntas pd generasi muda bangsa ini. Tdak semudah penjelasan dlm artikel di atas. Salam.

  5. saya mimta teknik pengolahan tembaga yg sederhana.. sy ingi jadikan sbgai home industri…

    • Salam kenal pa iwan. : Tim sy sudah menciptakan mesin pencetak tembaga 90% dengan satu kali proses (PCP) dan bisa untuk home industri ada sertifikat dari KS (krakatau steel) klo berminat hubungi sy di 0817754595
      Trim….

  6. Malam pak, saat ini kami sedang melakukan negosiasi dengan lahan tambang tembaga yang ada di Padang. Kami ingin melakukan proses dari batu tembaga menjadi konsentrat 21%. Raw material yang ada di lahan adalah sekitar 5%. Target produksi kami adalah 5000 MT konsentrat Cu 21%. Apakah bapak punya keterangan yang bisa membantu kami seperti kapasitas produksi mesin bapak per hari berapa ton?
    Target kami adalah sehari bisa produksi konsentrat 21% minimal 200 ton. Terima kasih

  7. Untuk proses pengolahan cu / tembaga dengan memakai mesin tidak semudah penjelasan di atas apa lagi harga mesin yg begitu mahal , maka saya ada solusi yang ingin mengololah tembaga dari batu menjjadi konsentrat cu dan setelah di lebur menjadi ingot cu atau tembaga batangan
    Info call : 082191393969
    Saya mengololah tembaga sudah 5 tahun semua memakai alat yang sangat manual bangat dan kapasitas pengolahan bisa 1 – 5 ton perhari.

  1. Ping-balik: Proses Pengolahan Bijih Tembaga (Cu) – Info Mineral Indonesia

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 377 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: