Proses Pembuatan Baja dengan Tanur Oksigen Basa (Basic Oxygen Furnace)


Proses tanur oksigen basa ( Basix Oxygen Furnace, BOF) menggunakan besi kasar (65 – 85 %) yang dihasilkan oleh tanur tinggi sebagai bahan dasar utama dicampur dengan besi bekas dan batu kapur. Panas ditimbulkan oleh reaksi dengan oksigen. Gagasan ini dicetuskan oleh Bessemer sekitar tahun 1800.

Pembuatan Baja dengan Tanur Oksigen Basa (BOF)

Besi bekas sebanyak ± 30% dimasukkan kedalam bejana yang dilapisi batu tahan api basa. Logam panas dituangkan kedalam bejana tersebut. Suatu pipa aliran oksigen yang didinginkan dengan air dimasukkan  kedalam bejana 1 sampai 3 m diatas permukaan logam cair. Unsur-unsur karbon, mangan dan silicon akan teroksidasi. Batu kapur dan kalsium fluor ditambahkan untuk mengikat kotoran-kotoran seperti fosfor dan belerang dan membentuk terak. Jenis Baja yang dihasilkan oleh proses ini adalah Baja karbon & Baja paduan 0,1 % < c < 2,0 %

About Mechanical Blog

Blog ini merupakan media pembelajaran secara online, boleh didownload oleh semua kalangan. Nama saya Yefri Chan sedikit riwayat pendidikan tamatan SMP 3 (Gunung) Padang Panjang 1993, SMA PLUS INS Kayutanam tahun 1996 melanjutkan studi di Jurusan Teknik Mesin (konversi Energi Surya) Universitas Andalas (2001) dan Megister Teknik Mesin (Rekayasa Manufaktur) Universitas Pancasila (2008) kegiatan sehari-hari sebagai Ketua Jurusan Teknik Mesin dan Dosen tetap Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Darma Persada, mengajar mata kuliah Elemen Mesin, Getaran Mekanik, Menggambar Teknik , Mekanika Teknik, Menggambar Mesin & CAD dan Animasi 3D, Juga Membuat Mesin Pengering untuk hasil Pertanian dan Laut, Bagi yang ingin mengirim tulisan atau tertarik dengan isi blog ini bisa email ke: mechanical_blog@yahoo.com atau yefrichan2000@yahoo.com . Semoga blog ini bermanfaat bagi semua…(Salam Solidarity Forever)

Posted on 26 Oktober 2010, in Bahan Kuliah, Proses Manufaktur, Teknologi and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 377 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: