Proses Pengecoran Logam (Metal Casting Process)


Proses pengecoran meliputi: pembuatan cetakan, persiapan dan peleburan logam, penuangan logam cair ke dalam cetakan, pembersihan coran dan proses daur ulang pasir cetakan. Produk pengecoran disebut coran atau benda cor. Berat coran itu sendiri berbeda, mulai dari beberapa ratus gram sampai beberapa ton dengan komposisi yang berbeda, mulai dari beberapa ratus gram sampai beberapa ton dengan komposisi yang berbeda dan hamper semua logam atau paduan dapat dilebur dan dicor.

Proses pengecoran secara garis besar dapat dibedakan dalam proses pengecoran dan proses percetakan. Pada proses pengeceron tidak digunakan tekanan sewaktu mengisi rongga cetakan, sedang pada proses pencetakan logam cair ditekan agar mengisi rongga cetakan. Karena pengisian logam berbeda, cetakan pun berbeda, sehingga pada proses percetakan cetakan umumnya dibuat dari loga. Pada proses pengecoran cetakan biasanya dibuat dari pasir meskipun ada kalanya digunakan pula plaster, lempung, keramik atau bahan tahan api lainnya. Bahan yang lebih lengkap dapat download disini (Pengecoran1)

About Mechanical Blog

Blog ini merupakan media pembelajaran secara online, boleh didownload oleh semua kalangan. Nama saya Yefri Chan sedikit riwayat pendidikan tamatan SMP 3 (Gunung) Padang Panjang 1993, SMA PLUS INS Kayutanam tahun 1996 melanjutkan studi di Jurusan Teknik Mesin (konversi Energi Surya) Universitas Andalas (2001) dan Megister Teknik Mesin (Rekayasa Manufaktur) Universitas Pancasila (2008) kegiatan sehari-hari sebagai Ketua Jurusan Teknik Mesin dan Dosen tetap Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Darma Persada, mengajar mata kuliah Elemen Mesin, Getaran Mekanik, Menggambar Teknik , Mekanika Teknik, Menggambar Mesin & CAD dan Animasi 3D, Juga Membuat Mesin Pengering untuk hasil Pertanian dan Laut, Bagi yang ingin mengirim tulisan atau tertarik dengan isi blog ini bisa email ke: mechanical_blog@yahoo.com atau yefrichan2000@yahoo.com . Semoga blog ini bermanfaat bagi semua…(Salam Solidarity Forever)

Posted on 22 Juli 2010, in Bahan Kuliah, Diktat Kuliah, Proses Manufaktur and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 9 Komentar.

  1. ijin unduh materinya pak, trima kasih….

  2. sangat membantu,,teimakasih

  3. Saud Tanamassa

    Halo, Pak. Boleh bertanya? saya masih awal soal pengecoran logam. dimanakah saya bisa mendapatkan info atau workshop yang mengerjakan pengecoran logam untuk keperluan membuat lencana -lencana berukuran kecil? (seperti wing, tanda jasa, dll)/ Trima kasih

  4. pak saya mnta informasi tentaang proses pengecoran logam…..buat proposal

  5. minta ijin downloads ya pak .. terima kasih

  1. Ping-balik: Proses Pengecoran Logam (Metal Casting Process) | Libratama Group | Libratama.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 379 pengikut lainnya

%d blogger menyukai ini: