Elemen Mesin Pasak ( KEYS )


Pasak digunakan untuk menyambung dua bagian batang (poros) atau memasang roda, roda gigi, roda rantai dan lain-lain pada poros sehingga terjamin tidak berputar pada poros.

Pemilihan jenis pasak tergantung pada besar kecilnya daya yang bekerja dan kestabilan bagian-bagian yang disambung.

Untuk daya yang kecil, antara naf roda dan poros cukup dijamin dengan baut tanam (set screw).

Dilihat cara pemasangannya, pasak dapat dibedakan yaitu :

  1. Pasak memanjang

Jenis pasak memanjang yang banyak digunakan ada bermacam-macam yaitu :

Sunk Keys (pasak benam)

Pasak benam ada beberapa jenis yaitu :

  1. Pasak benam segi empat (Rectangular Sunk key)

Bahan lengkap mengenai elemen mesin pasak dapat download disini : SAMBUNGAN PASAK

Posted on 9 Juni 2010, in Bahan Kuliah, Diktat Kuliah, Elemen Mesin and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. thx kasih telah di bacanya email ini.
    Tolong dong di kirimin saya contoh2 perhitungan pasak
    thx

  2. makasih infonya. kebenaran pasak di motor saya rusak, akibat saya pukul untuk melepaskan pasak itu. tolong berikan jawaban, bagaimana cara membuka pasak yang masih tertanam, dan bagaimana membuat pasak itu. pasak itu ada di generator bagian mesin sebelah kiri. ada di as motor starter.

  3. wah thanks gan, cocok buat saya orang otomotif

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 364 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: