Pengertian Motor Listrik


Motor listrik adalah sebuah perangkat elektromagnetis yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Energi mekanik ini digunakan untuk, misalnya, memutar impeller pompa, fan atau blower, menggerakan kompresor, mengangkat bahan, dll.

Motor listrik digunakan juga di rumah (mixer, bor listrik, fan angin) dan di industri. Motor listrik kadangkala disebut “kuda kerja” nya industri sebab diperkirakan bahwa motor-motor menggunakan sekitar 70% beban listrik total di industri.

Cara Kerja Motor Listrik

Mekanisme kerja untuk seluruh jenis motor secara umum sama (Gambar 1):

  • Arus listrik dalam medan magnet akan memberikan gayaJika kawat yang membawa arus dibengkokkan menjadi sebuah lingkaran/loop, makakedua sisi loop, yaitu pada sudut kanan medan magnet, akan mendapatkan gaya adaarah yang berlawanan.
  • Pasangan gaya menghasilkan tenaga putar/ torque untuk memutar kumparan. Motor-motor memiliki beberapa loop pada dinamonya untuk memberikan tenaga putaran yang lebih seragam dan medan magnetnya dihasilkan oleh susunan elektromagnetik yang disebut kumparan medan.

     

    Beban  Motor

    Dalam memahami sebuah motor, penting untuk mengerti apa yang dimaksud dengan beban  motor. Beban mengacu kepada keluaran tenaga putar/ torque sesuai dengan kecepatan yang diperlukan. Beban umumnya dapat dikategorikan kedalam tiga kelompok (BEE India, 2004):

    • Beban torque konstan adalah beban dimana permintaan keluaran energinya bervariasi dengan kecepatan operasinya namun torque nya tidak bervariasi. Contoh beban dengan torque konstan adalah conveyors, rotary kilns, dan pompa displacement konstan.
    • Beban dengan variabel torque adalah beban dengan torque yang bervariasi dengan kecepatan operasi. Contoh beban dengan variabel torque adalah pompa sentrifugal dan fan (torque bervariasi sebagai kwadrat kecepatan).
    • Beban dengan energi konstan adalah beban dengan permintaan torque yang berubah dan berbanding terbalik dengan kecepatan. Contoh untuk beban dengan daya konstan adalah peralatan-peralatan mesin.

    Jenis Motor listrik

    Bagian ini menjelaskan tentang dua jenis utama motor listrik: DC dan motor. Dafar parapemasok motor listrik tersedia di (www.directindustry.com/find/electric-motor.html.)

    Gambar 3 memperlihatkan motor listrik yang paling umum. Motor tersebut dikategorikan berdasarkan pasokan input, konstruksi, dan mekanisme operasi, dan dijelaskan lebih lanjut dibawah ini.

    (Sumber : http://www.energyefficiencyasia.org)

    About these ads

    Posted on 26 Maret 2011, in Bahan Kuliah and tagged , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

    1. aku ingin buat sebuah konsep yang nantinya bisa membuat indonesia tidak cuma menjadi konsumen tapi menjadi produsen motor berkonsep listrik yang tidak perlu di cas dan bisa selalu hidup setiap saat.bukan hal yang tidak mungkin klo setip kita berjalan listrik selalu terisi dan kita buang konsep cas pakai habis,cas pakai habis dan selalu berulang.

    2. aku punya konsep motor listrik yang tidak perlu di cas dan bisa selalu hidup setiap saat. hanya saja sampaisaat ini masih dilakukan penggujian …..

    1. Ping-balik: Pengertian Seminar | Caramanfaat.net

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Bergabunglah dengan 209 pengikut lainnya.

    %d bloggers like this: