Proses Pengecoran Logam (Metal Casting Process)


Proses pengecoran meliputi: pembuatan cetakan, persiapan dan peleburan logam, penuangan logam cair ke dalam cetakan, pembersihan coran dan proses daur ulang pasir cetakan. Produk pengecoran disebut coran atau benda cor. Berat coran itu sendiri berbeda, mulai dari beberapa ratus gram sampai beberapa ton dengan komposisi yang berbeda, mulai dari beberapa ratus gram sampai beberapa ton dengan komposisi yang berbeda dan hamper semua logam atau paduan dapat dilebur dan dicor.

Proses pengecoran secara garis besar dapat dibedakan dalam proses pengecoran dan proses percetakan. Pada proses pengeceron tidak digunakan tekanan sewaktu mengisi rongga cetakan, sedang pada proses pencetakan logam cair ditekan agar mengisi rongga cetakan. Karena pengisian logam berbeda, cetakan pun berbeda, sehingga pada proses percetakan cetakan umumnya dibuat dari loga. Pada proses pengecoran cetakan biasanya dibuat dari pasir meskipun ada kalanya digunakan pula plaster, lempung, keramik atau bahan tahan api lainnya. Bahan yang lebih lengkap dapat download disini (Pengecoran1)

About these ads

Posted on 22 Juli 2010, in Bahan Kuliah, Diktat Kuliah, Proses Manufaktur and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 9 Komentar.

  1. ijin unduh materinya pak, trima kasih….

  2. sangat membantu,,teimakasih

  3. Saud Tanamassa

    Halo, Pak. Boleh bertanya? saya masih awal soal pengecoran logam. dimanakah saya bisa mendapatkan info atau workshop yang mengerjakan pengecoran logam untuk keperluan membuat lencana -lencana berukuran kecil? (seperti wing, tanda jasa, dll)/ Trima kasih

  4. pak saya mnta informasi tentaang proses pengecoran logam…..buat proposal

  5. minta ijin downloads ya pak .. terima kasih

  1. Ping-balik: Proses Pengecoran Logam (Metal Casting Process) | Libratama Group | Libratama.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 347 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: